Kandungan Cu pada Udang di SAC

Ringkasan Hasil Penelitian

KAJIAN KANDUNGAN TEMBAGA PADA UDANG PENAEID YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN SEGARA ANAKAN CILACAP DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERSEPSI MASYARAKAT DI SEKITARNYA

BAYU WIDIYANTO,  Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman. Kajian Kandungan Tembaga pada Udang Penaeid yang Tertangkap di Perairan Segara Anakan Cilacap dan Hubungannya dengan Persepsi Masyarakat di Sekitarnya. Ketua: Dr.rer.nat. Moh. Husein Sastranegara, M.Si. anggota; Dr. Ir. Ismangil, M.S.

 Kawasan Segara Anakan Cilacap sangat penting dalam mendukung upaya konservasi ekosistem mangrove. Fungsinya yaitu sebagai feeding dan nursery ground dari beberapa komoditas perikanan termasuk udang Penaeid. Kegiatan di sekitarnya berkontribusi dalam pencemaran logam berat yang akan mengakibatkan penurunan kualitas air dan gangguan kehidupan udang Penaeid. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kandungan tembaga pada air, sedimen, dan udang yang tertangkap; mengetahui persepsi masyarakat tentang pencemaran tembaga yang terjadi di perairan Segara Anakan Cilacap; serta menganalisis hubungan antara kandungan tembaga pada air, sedimen, dan udang di Segara Anakan Cilacap, mengetahui persepsi masyarakat tentang pencemaran tembaga yang terjadi di perairan Segara Anakan Cilacap, menganalisis hubungan antara kandungan tembaga pada air, sedimen dan udang di Segara Anakan Cilacap, serta persepsi masyarakat di sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei secara purposive sampling pada enam stasiun dengan tiga kali ulangan selama bulan Februari-April 2013. Pengukuran kandungan tembaga menggunakan alat berupa AAS (Atomic Absobtion Spectrophotometri).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan tembaga di air berkisar antara 0,003-0,012 mg/l. Kandungan tersebut masih di bawah batas maksimum yang dipersyaratkan (kelas II pada PP No. 82/2011) sebesar 0,02 mg/l. Kandungan tembaga pada sedimen berkisar antara 4,90-9,39 mg/kg. Kandungan ini masih di bawah baku mutu  yang dipersyaratkan oleh Canadian Council of Minister of the Environment (1999) sebesar 18,7 mg/kg. Jenis udang  yang tertangkap pada penelitian seperti udang jahe (Metapenaeus monoceros), udang putih/jerbung (Penaeus merguiensis), udang  dogol putih (P. indicus), udang windu/tepus (P. monodon), udang windu laut (P. semisulcatus). Kandungan tembaga pada udang berkisar antara 5,29-18,90 mg/kg. Nilainya masih di bawah baku mutu yang dipersyaratkan oleh The Current State Food Standart Regulation Tasmania dalam Hutagalung dan Suwirma (1987) sebesar 30 mg/kg pada makanan hasil laut.

Peningkatan kandungan tembaga di air seiring dengan yang ada di sedimen (r = 0,185). Demikian pula, peningkatan kandungan tembaga di sedimen seiring dengan yang ada di udang (r = 0,112), sehingga proses akumulasi logam berat telah berlangsung karena udang telah dewasa. Karena proses hidrodinamika dan keberadaan clay yang dominan di kawasan tengah menyebabkan akumulasi kandungan tembaga pada udang yang tinggi pada kawasan tengah. Hasil persepsi masyarakat tentang pencemaran tembaga yaitu sebagian besar masyarakat banyak yang tidak setuju tentang adanya pencemaran logam tembaga yang masuk ke perairan Segara Anakan. Skor persepsi pencemaran tembaga tertinggi dijumpai di kawasan tengah (skor 189), kemudian barat (182) dan kawasan timur (174). Persepsi masyarakat dipengaruhi oleh pengamatan setelah melihat kondisi abiotik dan biotik yang terjadi di lingkungan. Kondisi lingkungan yang relatif masih baik, terutama kandungan tembaga yang masih rendah (di bawah ambang batas) akan mempengaruhi persepsi masyarakat tentang pencemaran tembaga yang rendah pula.

Keyword : akumulasi, tembaga (Cu), udang penaeid, persepsi masyarakat, Segara Anakan.

Lampiran:

Jenis-jenis udang penaeid yang tertangkap di perairan Segara Anakan Cilacap.

udang jahe- Metapenaeus monoceros  udang putih jerbung- Penaeus merguensis

udang putih- Penaeus indicus  udang Penaeus semiculatus

udang tepus windu 2- Penaeus monodon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s